Macam Macam Komponen Yang Terdapat Di Dalam Komputer dan Fungsinya

Macam Macam Komponen Komputer
Kali ini abang admin akan menjelaskan macam-macam komponen komputer dan fungsinya yang dibagi menjadi 3 kategori, yaitu (INPUT, PROSES, & OUTPUT).

Komponen komponen komputer yang termasuk pada komponen Input adalah:
  1. Keyboard, merupakan komponen yang berfungsi untuk meng-input data ke komputer dalam bentuk alfabet (huruf) maupun numerik (angka).
  2. Mouse. merupakan komponen komputer yang menggunakan sistem operasi berbasis GUI (Graphical Unit Interface), dimana dalam pengopersiannya akan berhubungan dengan pointer yang ada di layar atau monitor untuk mempermudah user dalam mengeklik item yang ada di layar monitor.
  3. Trackpad, Trackball, Seperti halnya Mouse. Hanya yang membedakannya adalah bentuk dan pengoperasiannya yang menggunakan jari dan biasanya terintegrasi langsung di laptop sedangkan mouse menggunakan telapak tangan dan tidak terintegrasi secara langsung alias komponen terpisah.
  4. Pen, digunakan sebagai pengganti pionter mouse. Biasanya dipakai di komputer yang memiliki fitur layar sentuh. Untuk memerikan perintah tertentu, tidak lagi menggunakan mouse maupun trackpad, tapi tinggal cukup menyentuhkan coop ke GUI (Graphical Unit Interface) / layar sentuh.
  5. Microphone, komponen yang memberikan inputan data berupa data suara.
  6. Scanner, digunakan untuk memindai gambar yang akan diinput ke dalam sistem komputer menjadi data yang berbentuk digital.

Komponen komputer yang termasuk pada komponen Output adalah:

  1. Monitor, adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan data yang sedang dikerjakan oleh komputer
  2. Printer, untuk menampilkan atau mencetak file dari komputer ke dalam kertas (Hard Copy).
  3. Plotter, untuk mencetak file dari komputer ke dalam kertas yang memiliki ukuran kertas lebih besar dari pada yang bisa di cetak oleh printer, dan biasanya digunakan di percetakan.
  4. Speaker atau Buzzer. berfungsi sebagai output suara yang sudah di proses oleh komputer / PC.
  5. HDMI, Komponen ini berfungsi untuk output data yang berbentuk digital seperti Blue Ray Disk Player, PC, Video Game Console, Monitor komputer, dan TV Digital hanya dengan 1 kabel.

Komponen komputer yang termasuk dalam Proses beserta dengan perangkat pendukungnya:

  1. Processor, merupakan komponen utama pemrosesan data atau bisa disebut "Otak" Sebuah komputer. Di dalam komponen ini seluruh data yang diproses.
  2. Motherboard, merupakan komponen yang menjadi tempat semua komponen terhubung. Semua komponen mulai dari input, prosesor hingga output, terhubung melalui komponen ini.
  3. Hard Disk, merupakan komponen yang berfungsi untuk menyimpan data yang diperlukan oleh seluruh komponen (komputer / PC ). Komponen lainnya yang fungsinya sama adalah Disk Drive (CD, DVD), Floppy-Drive.
  4. SSD, komponen yang berfungsi sama seperti hard disk, namun SSD ini adalah Pengembangan dari Hardware Harddisk yang  memiliki kelebihan yaitu kemungkinan terjadinya bad sector lebih sedikit dari pada hard disk, dan mempunyai kecepatan membaca lebih tinggi dari pada hard disk karena SSD tidak menggunakan piringan seperti hard disk
  5. Memori (RAM), merupakan tempat penyimpanan memori dan data yang sifatnya sementara yang digunakan untuk mempercepat proses dari kerja prosesor.
  6. Komponen pendukung lainnya. Komponen ini biasanya berbentuk komponen tambahan berupa kartu atau Slot/Port:
    • Kartu VGA, merupakan komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan grafik yang bagus di monitor karena memiliki kapasitas memori sendiri.
    • Kartu Audio, merupakan komponen komputer yang berfungsi untuk mengeluarkan data suara dari data yang komputer.
    • Kartu Firewire, merupakan komponen komputer yang memiliki kecepatan tinggi seperti kamera video (Web Came).
    • Kartu TV Tuner, merupakan komputer yang berfungsi untuk menerima siaran televisi.

    Sekian Artikel Tentang Macam Macam Komponen Komputer, Thanks For Reading ^_^

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Macam Macam Komponen Yang Terdapat Di Dalam Komputer dan Fungsinya"

  1. Macam Macam Komponen Yang Terdapat Di Dalam Komputer Dan Fungsinya - Blognya Asep >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Macam Macam Komponen Yang Terdapat Di Dalam Komputer Dan Fungsinya - Blognya Asep >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Macam Macam Komponen Yang Terdapat Di Dalam Komputer Dan Fungsinya - Blognya Asep >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak