Jenis Jenis Motherboard Komputer

Kali ini Abang Admin akan men-share Jenis Jenis Motherboard pada komputer, Mungkin sudah banyak yang tau yah Motherboard itu apa? Nah kali ini Blognya-Asep membahasnya berikut ulasannya.
Sebelum masuk ke ulasan tentang Jenis Jenis Motherboard Pada Komputer, ada baiknya untuk tau dulu fungsi utama dari motherboard itu sendiri. Secara Sederhana Fungsi Motherboard adalah tempat semua perangkat komputer berkumpul atau berinteraksi, seperti Processor, HDD, FDD, Fan, Heatsing, DVD-Drive Keyboard, Mouse, Port USB, Port PS/2, dan Chipset.

Berikut Jenis Jenis Motherboard Pada Komputer :
  • AT atau biasa disebut dengan Baby AT
  • ATX
  • BTX
  • ITX 
Seperti yang sudah tertulis di atas bahwa Motherboard Ada AT ( Baby AT ) dan ATX, biasanya Motherboard itu memiliki socket processor PGA 368 (Pin Grid Array) dan PGA 486 (Pin Grid Array) yang membedakan kedua jenis Motherboard jenis itu adalah Pin untuk Power Supplynya, Pin dari AT adalah 20 pin konektor dan sedangkan pin dari ATX adalah 24 konektor.
Nah bagi kalian yang ingin membuild komputer/PC yang sesuai kamu inginkan Ada baiknya sebelum membeli Motherboard pilihlah Motherboard yang sesuai dengan ukuran yang diinginkan dan tentunya sesuai dengan Casing PC yang akan di rakit.

Dari tahun ke tahun Jenis Jenis Motherboard terus berkembang seiring dengan pesatnya perkembangan Teknologi dimana setiap bulannya selalu ada teknologi baru yang ditemukan dan diciptakan


Jenis-Jenis Motherboard

 Jenis Jenis Mother Board Terbaru

Jenis Jenis Motherboard yang pertama kita bahas adalah Soket A dan PGA 370 (Pin Grid Array). Motherboard Soket A yang memiliki pin 453 pin Soket ini digunakan oleh Processor dari Vendor AMD seperti AMD Duron, Sempron, dan Athlon. Jenis Motherboard ini tidak bisa dan tidak cocok untuk processor dari Intel, karena socket pin dari Motherboard tersebut tidak sama dan bisa berjalan pada kecepatan pemromesan 600MHz sampai 2.333 MHz. Sedangkan Soket PGA 370 (Pin Grid Array) yang memiliki pin 370 untuk tempat Processor, Socket ini digunakan oleh Processor dari Vendor Intel, Soket ini hanya mendukung dari Intel Pentium I, Pentium II, Pentium III, dan Intel Celeron.

Selanjutnya Jenis Jenis Motherboard berikutnya adalah Socket PGA 478(Pin Grid Array) dan Socket LGA 775. Socket PGA 478 (Pin Grid Array) memiliki 478 pin yang digunakan untuk tempat Processor. Soket ini digunakan oleh Processor dari Vendor Intel, yaitu Intel Pentium IV, dan Intel Celeron. Sedangkan Motherboard dengan Soket LGA 775 ( Line Grid Array ) digunakan oleh Intel Pentium IV, Dual Core, Core 2 Duo, Quad Core, dan Intel Core i3. Soket ini mampu mentransfer diatas proses transfer motherboard dengan seri soket yang sebelumnya. Soket LGA memiliki 775 konektor untuk tempat Processor, Seperti Namanya Soket ini tidak memakai Pin lagi untuk tempat processornya tidak seperti Motherboard seri sebelumnya.


Sekian penjelasan tentang Jenis Jenis Motherboard kali ini, Happy Reading ^_^

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Jenis Motherboard Komputer"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak