Dipasang Tahun 1970 iPhone akan Rusak! Mengapa


Baru-baru ini, dunia dikagetkan dengan adanya bug iPhone yang membuat smartphone dengan harga premium itu rusak. Pada saat seseorang mengganti tanggal iPhone mereka ke sebelum bulan Mei 1970, perangkat iPhone, iPod, dan iPad tidak akan masuk ke homescreen saat dinyalakan. Walaupun mungkin akan sangat jarang orang akan melakukan hal ini, tetapi bug tersebut memang telah ditemukan dan betul dapat membuat iPhone tidak bisa digunakan, Seorang programmer bernama Tom Scott pun membuat sebuah video pada Youtube untuk menjelaskan mengapa hal ini bisa terjadi. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa langsung menonton video Youtube dari Tom Scott



Permasalah utama iPhone pada bug yang satu ini adalah iOS merupakan sebuah sistem operasi turunan UNIX. Unix sendiri memiliki tanggal pertama yaitu 1 Januari 1970 yang ditranslasikan ke dalam bahasa binari sebagai 0 dalam waktu UNIX. Saat hal tersebut terjadi, hal ini akan mengakibatkan integer underflow (sebuah keadaan di mana hasil operasi ada di bawah jumlah terkecil yang diperbolehkan).
iOS pun menangani underflow ini dengan membuat hasil negatif pada integer menjadi jumlah maksimum. Menurut Scott, hasilnya akan membuat tanggal yang ada menjadi 20 kali lebih panjang dari yang ada. Inilah yang menjadi spekulasi Scott mengenai apa yang terjadi pada iOS yang memiliki kesulitan menangani angka dalam jumlah besar, yang menghasilkan perangkat tersebut crash.
iOS dan UNIX memiliki permulaan waktu yang dimulai pada 00:00:00 pada 1 Januari 1970. Apple sendiri sudah membuat para penggunanya untuk dapat mengganti tanggal lebih awal dari bulan Mei 1970, yang kemungkinan akan membuat permasalahan seperti yang ada sekarang. Sayangnya, permasalahan tersebut pun masih terjadi dan bahkan pada perangkat 64-bit sekali pun.

Sumber : MacRumours

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dipasang Tahun 1970 iPhone akan Rusak! Mengapa"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak