Tak terasa, sudah lebih dari satu dekade Android diluncurkan. Android pertama dibeli Google pada 2005, diresmikan pada 2007 dan perangkat Android komersial pertama diluncurkan pada September 2008. Setelah melalui perjalanan yang sangat panjang, kini Android melakukan rebranding dengan tampilan yang lebih segar!
Seperti apa rebranding yang dilakukan Android? Perubahan apa yang dibuat
dan apa filosofi dari branding baru tersebut? Temukan jawabannya di bawah
ini!
1. Perubahan Dilakukan Pada Warna
Perubahan warna |
Seperti yang kita tahu, warna utama Android lawas adalah hijau lemon.
Namun, Android menyadari bahwa hijau bukan warna yang optimal untuk merek
global. FYI, bentuk buta warna paling umum ditemukan adalah buta warna
merah-hijau. Sehingga, orang-orang yang memiliki buta warna akan kesulitan
melihat warna hijau, jelas Android Authority.
Untuk membuat warna hijau lebih terlihat, maka Android mencampurkannya
dengan warna lain yang mudah dilihat. Alhasil, warna hijau pada Android dibuat
lebih gelap dengan campuran warna biru. Dengan ini, Android bisa mempertahankan
warna hijau yang jadi ciri khasnya sekaligus membantu aksesibilitas bagi orang
yang buta warna. Aksesibilitas adalah faktor pendorong utama di balik desain
ulang Android.
2. Robot Android Lebih Minimalis
Memiliki desain yang lebih minimalis! |
Gambar di atas adalah robot Android versi lawas. Terlihat bahwa robot ini
masih berwarna hijau lemon dan dilengkapi dengan badan, tangan dan kaki.
Sementara, versi terbaru dari robot Android hanya digambarkan dengan bagian
kepala saja. Versi baru ini sengaja dibuat lebih simpel dan minimalis.
"Kami membuat bagian wordmark menjadi sedikit lebih tipis, lebih
geometris dan modern. Kami mengambil banyak sekali inspirasi dari jenis aset
kami yang paling dikenal, yakni robot Android," ungkap Sydney Thomashow,
perwakilan dari Android dalam laman Android Authority.
3. Kepala Robot Lebih Ekspresif
Perubahan minimalis pada logo android |
Lebih lanjut, Sydney Thomashow memutuskan hanya memakai bagian kepala
maskot Android, tidak seluruh badan. Ini memungkinkan agar robot bisa tampil
lebih ekspresif sembari menggunakan lebih sedikit elemen. Perubahan kecil
inilah yang memberi dampak terbesar, terang laman Android Authority.
"Beberapa penyesuaian kami lakukan pada robot Android dengan perubahan
yang sangat halus dan ringan. Menurunkan sedikit bagian mata membuat robot
terlihat seperti sedang melakukan kontak mata. Bagian antena juga kami geser
sekitar satu derajat," jelas Sydney Thomashow.
Suatu keputusan besar untuk melepaskan bagian lengan, kaki dan badan lalu
fokus pada bagian paling ekspresif, yakni kepala. Android akan memunculkan
emosi pada bagian mata dan antena robot. Salah satu tujuannya agar Android
lebih dekat dengan pengguna.
4. Tidak Lagi Menamai Versi Terbaru
dengan Kudapan
Perubahan format penamaan |
Ucapkan selamat tinggal, karena pembaruan OS Android versi terbaru tidak
akan lagi menggunakan nama-nama makanan. Melainkan, menggunakan versi angka!
Google menganggap penamaan dengan makanan tidak bekerja dengan baik di pasar
global. Tidak semua orang pernah memakan jelly bean atau mengucapkan nougat
dengan benar, kan?
Versi Android terbaru nanti akan dinamai Android 10, tanpa embel-embel nama
makanan. Ini untuk menghilangkan ekslusivitas, meski penghilangan nama ini
disesali oleh orang-orang yang tergabung dalam komunitas Android. Jangan
khawatir, karena kualitas Android akan tetap sama baiknya, tak peduli ada atau
tidaknya perubahan.
0 Response to "Android Merubah Logonya, ada yang sadar ngga nih?"
Post a Comment
Silahkan tinggalkan jejak