Komponen Router dan Fungsinya

Komponen Router dan Fungsinya

Blognya-Asep -Router adalah alat yang digunakan untuk menjembatani antara 2 alamat ip yang berbeda kelas misalnya kelas B dan Kelas C dan tentunya ada router memiliki komponen yang berfungsi untuk bisa mejembatani kedua ip yang berbeda kelas tersbut. Nah maka dari itu Artikel kali ini akan membahas tentang Komponen Komponen dari Router yang memiliki kegunaan itu, dan biasanya Router digunakan oleh komputer server dan sekolahan untuk menjembatani kedua alamat yang berbeda itu.

Komponen Komputer

Komponen Komponen dari Router yaitu : CPU, RAM, FLASH, BUS, NVRAM, ROM, Interfaces, Power Supply. Berikut Penjelasan Fungsi dari komponen komponen tadi.

Fungsi Komponen Router

CPU (Central Processing Unit)
CPU adalah berfungsi untuk mengeksekusi intruksi atau menjalankan perintah pada Operating Sistem / OS, dan CPU di Router juga memiliki fungsi lain yaitu Inisialisasi System, Fungsi Routing dan Mengontrol Network Interface yang besar dan memiliki beberapa CPU

RAM (Random Access Memory)
RAM digunakan untuk Informasi Routing Table, Fast Switching Cache, Running Configuration, dan Packet Queue. RAM biasanya ada 2 fungsi secara logika yaitu : Memory Processor utama dan Memory Shared Input/Output (I/O). Nah Memory Shared (I/O) berfungsi untuk berbagi antara interface I/O untuk menyimpan Paket secara sementara isi RAM akan hilang begitu Power dari Router di matikan.

FLASH
FLASH digunakan untuk menyimpan keseluruhan IOS (Internetworking Operating System) Software Image Router Umumnya mencari Operating System pada FLASH. IOS dapat diupgrade dengan mengisi IOS baru pada FLASH. IOS mungkin akan berbentuk Compressed atau Uncompressed.


NVRAM
NVRAM digunakan untuk menyimpan startup configuration. Pada device yang sama EEPROM dapat digunakan sebagai fungsi NVRAM. Pada device yang lain dipakai untuk sebagai flash untuk melakukan booting. Isi dari NVRAM tidak akan hilang meskipun Router dimatikan atau di-restart.

Bu
Sebagian besar router terdiri atas bus sistem dan bus CPU. Bus sistem digunakan untuk komunikasi antar CPU dan interface atau slot tambahan. Bus ini mentransfer paket dari dan ke Interface. Bus CPU digunakan untuk akses komponen dari media penyimpan di router. Bus ini mentransfer perintah dan data ke atau dari alamat memory yang digunakan.

ROM
ROM digunakan secara permanen untuk menyimpan kode-kode startup diagnostic, yang dikenal dengan nama ROM monitor. Tugas utama ROM adalah untuk dignosa hardware selama router booting dan loading IOS dari flash ke RAM. Beberapa router, ROM juga bisa digunakan sebagai sumber booting alternatif. Dan dapat di-upgrade dengan cara melepas chip pada socketnya.

Interface
Interface Router digunakan untuk menyambungkan koneksi ke luar. Ada 3 tipe interface: LAN, Wan dan console atau auxiliary (AUX). Interface LAN biasanya satu atau beberapa tipe ethernet atau token ring yang berbeda-beda. Tiap-tiap intreface memiliki chip controller yang berfungsi untuk menyambungkan sistem ke media. Interface LAN biasanya berupa fixed configuration atau modular.
Interface WAN misalnya serial, ISDN dan integrated CSU. Sama dengan interface LAN, ia juga mempunyai chip controller. Interface Wan bisa berupa fixed configuration atau modular.
Port Console atau AUX adalah Port Serial yang digunakan untuk proses konfigurasi. Ia digunakan sebagai terminal dari komunikasi port pada komputer melalui modem.

Power Supply 
Power Supply digunakan sebagai sumber daya untuk mengoperasikan komponen di dalam Router. Beberapa Router kemungkinan mempunyai lebih dari sati power supply.

Nah sekian penjelasan dari Komponen Router dan Fungsinya, semoga bermanfaat bagi temen temen semua

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Komponen Router dan Fungsinya"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak