Review Asus N56V: Notebook Entertainment Lengkap

Notebook kelas entertaiment memang sangat menarik untuk di perhatikan, terutama bila Anda berkeinginan membeli sebuh notebook dengan kemampuan lengkap. Biasanya notebook jenis ini mengusung spesifikasi dan kelengkapan yang lebih baik bila dibandingkan notebook kebanyakan. Sayangnya, notebook yang berada di kelas entertaiment ini mempunyai dimensi yang besar dan berat, sehingga kurang cocok bila Anda menggunakannya untuk mobile. Notebook jenis ini lebih cocok diletakkan di meja sebagai desktop replacment yang hemat daya.
Salah satu notebook kelas entertaiment yang menarik untuk di perhatikan adalah Asus seri N56V. Notebook ini di balut dengan warna hitam berbahan alumuniumnya pada bagian penutup layar LCD-nya dan warna silver matte pada bagian dalamnya, perpaduan ini membuat Asus N56V terlihat sangat menawan. Dimensi dari noteboook ini tidak bisa dibilang sedang karena mengusung layar LCD berukuran 15″ dengan resolusi Full HD 1920×1080 yang akan memuaskan Anda ketika menonton film HH dan bermain game. Konstruksi dari Asus N56V bisa dikatakan sangat solid, hal ini akan Anda rasakan ketika menggenggam dan menekan bagian-bagian notebook ini, tidak terasa adanya kekosongan di casing.

Sebelum kita bahas lebih lanjut, ada baiknya Anda memperhatikan spesifikasi yang terpasang di dalam Asus N56V ini.
ProcessorIntel Core i7 3610M Ivy Bridge
Speed 2.3GHz up to 3.2GHz L3 Cache 6MB
ChipsetIntel HM76
MemoriDDR3 SODIMM 6GB
StorageHard disk 750GB SATA
Graphicsintel GMA 4000 + NVIDIA GT630M
Layar15″ 1920×1080
Interkoneksi802.11 b/g/n, Bluetooth™ V4.0
USB 3.04
HDMI1
Audio In/out1
Webcam1
Card reader1
Operation SystemMicrosoft Windows 7 Profesional 64bit
Daya Baterai5200mah
Ukuran (mm)38.0 x 25.5 x 2.73 ~3.40
Berat (kg)2.711
Berat+Charger (kg)3.279
Asus N56V mengguakan prosesor Intel Core i7-3610M 3rd generation (Ivy Bridge) terbaru dengan kecepatan 2.3GHz, dan di lengkapi dengan Turbo Boost hingga mencapai kecepatan 3.2GHz, yang dipadukan dengan memory SODIMM DDR3 sebesar 6GB. Untuk penyimpanan data, Asus memberikan storage dengan kapasitas 750Gb yang akan siap menampung berbagai file multimedia. Layar full HD yang terpasang akan memaksimalkan kepuasan Anda ketika memutar film Blue-ray paa optical yang diberikan pada notebook ini. Anda tidak akan menemukan port USB2.0 disini karena Asus N56V hanya memberikan port USB3.0 sebanyak 4 port yang diletakkan di kiri kanannya.
Opsi entertaiment sudah Anda dapatkan semuanya di N56V, Blu-ray dan layar full HD. Lalu bagaimana dari segi gaming, Asus N56V memberikan graphics NVIDIA GeForce GT630M yang dirasakan cukup mumpuni untuk diajak bermain game pada resolusi dan settingan tertentu. Walaupn menggunakan graphics NVIDIA, Asus N56V tetap mengijinkan pemakaian graphic on prosesor Intel HD4000, sehingga bilamana Anda tidak sedang menggunakan aplikasi yang memerlukan akselerasi graphics maka graphics Intel yang akan digunakan sehingga daya yang diperlukan lebih kecil.

Ukuran layar yang digunakan juga sangat nyaman karena menggunakan ukuran sebesar 15″ dengan resolusi 1920×1080. Asus N56V menggunakan layar glossy yang nantinya bisa jadi akan sedikit mengganggu Anda saat digunakan karena akan menangkap bayangan di sekitar Anda. Namun, Anda dapat meminimalisasikannya dengan menaikkan tingkat brightness. Viewing angle-nya juga tergolong baik karena layar tidak mengalami perubahan gradasi warna yang berlebihan jika dilihat dari sisi kiri dan kanan. Layar akan mengalami perubahan gradasi warna bila Anda melihatnya dari sisi atas.

Kelengkapan


Tampak depan: Card reader



Audio in/out, USB3.0, Blu-ray optical drive, power port



D-sub, Ethernet LAN, HDMI, USB3.0



Tampak belakang



Tampak bawah dengan module penutup untuk memudahkan upgrade
Port yang diberikan pada notebook Asus N56V bisa dikatakan lengkap dengan hadirnya 4 port USB3.0 di bagian kiri dan kanan. Sayangnya, Asus tidak lagi menyediakan port USB 2.0. Selain itu, Asus N56V sangat memudahkan pengguna dalam melakukan upgrade memory dan storage karena dilengkapi modul penutup terpisah di bagian bawahnya.
Bagian dalam dilebur dengan warna silver matte dengan tuts keyboard chiklet berwarna hitam dengan penampang tuts yang  besar dan mengusung full keyboard yang sangat nyaman sekali dan terasa empuk ketika di gunakan. Trackpad yang terpasang juga mempunyai ukuran yang besar sehingga jari Anda dapat bergerak bebas ketika melakukan gerakan multitouch. Fungsi klik kiri kanan menyatu dengan trackpad dan cukup nyaman di gunakan.
Masuk dalam kelas notebook entertaiment membuat Asus N56V mengusung tata suara dari Bang & Olufsen dengan subwoofer external dari Sonicmaster. Pada bagian atas keyboard, Anda akan menemukan lubang-lubang suara yang cukup banyak dan membuat tampilan notebook ini terlihat menarik. Ketika kami coba, tata suara yang diberikan cukup baik menurut telinga kami dan diatas rata-rata notebook. Suara bass juga cukup terdengar dengan pemakaian subwoofer external.

Kinerja

SysMark 2007


Kinerja yang di tawarkan oleh Asus N56V merupakan yang tertinggi pada benchmark menggunakan Sysmark 2007. Dengan nilai yang didapatkan tersebut, Anda dapat menjalankan berbagai aplikasi tingkat atas dengan lancar. Dari tabel diatas Anda juga dapat membandingkan bagaimana kinerja prosesor Intel Core i 2nd generation dengan Intel Core i 3rd generation.

Cinebench 11.5

Pada test menggunakan Cinebench, untuk sementara nilai yang di dapat juga merupakan tertinggi, mengingat prosesor yang di gunakan adalah quad core dengan hyper threading dan merupakan prosesor terbaru dari Intel yang diklaim mempunyai kinerja yang lebih baik dari sebelumnya sekitar 20 persen.

Baterai Life Rating

Browsing 5 Tab: tes online ini menggunakan browser FireFox dan me-refresh sebuah website secara bergantian dengan waktu yang telah ditentukan (contoh: website A refresh 30 detik, website B refresh 40 detik). Kami menggunakan beragam website, mulai dari yang ringan sampai yang menggunakan flash dalam jumlah yang cukup banyak.
Movie 720 WMV dan Movie 1080 MOV: Kami menyimulasikan untuk mendapatkan nilai daya tahan baterai bila sebuah notebook digunakan untuk menonton film dalam berbagai resolusi dan hasil yang kami dapatkan menggunakan aplikasi log time.
Daya baterai sebesar 5200mAh ternyata hanya cukup untuk menjalankan notebook ini selama 2 jam 21 menit untuk melakukan browsing melalui jalur WiFi dan Anda dapat menggunakannya selama 3 jam 21 menit untuk menonton film dalam manajemen baterai mode balance.

Transcoding

Proses transcoding juga berjalan cukup cepat dan akan semakin cepat bila aplikasi yang Anda gunakan mendukung Intel Quick Sysc. Anda tidak perlu berlama-lama menunggu hasilnya untuk dimasukkan ke perangkat gadget baik itu tablet maupun smartphone Anda.

Kesimpulan

Bila Anda memerlukan sebuah notebook yang tidak hanya sekedar untuk berkerja tetapi juga dapat menjadi mesin hiburan  yang portable, maka notebook Asus N56V bisa menjadi pilihan. Selain kinerja tinggi yang ditawarkan, notebook ini juga menawarkan kelengkapan yang baik dengan adanya subwoofer external, blu-ray player, layar full HD1080P, layar 15″ dan spesifikasi yang tinggi.
Sayangnya daya tahan baterai kurang mumpuni untuk Adna yang mempunyai mobilitas tinggi, notebook ini lebih cocok menjadi desktop replacment mengingat dimensi dan beratnya sedikit merepotkan untuk dibawa. Walau bagaimanapun, kami lebih suka menempatkan notebook Asus N56V diatas meja dan menikmati apa yang dapat diberikannya.

Kelebihan

  • Tata suara Bang & Olufsen dengan subwoofer external
  • Layar Full HD
  • Blu-ray
  • Casing solid
  • 4 Port USB3.0

Kekurangan

  • Berat, lebih cocok sebagai desktop replacment
  • Daya tahan hidup kurang

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Review Asus N56V: Notebook Entertainment Lengkap"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak