Pengertian SSD Beserta Kekurangan dan Kelebihannya


Pengertian SSD Beserta Kekurangan dan Kelebihannya
Pengertian SSD Beserta Kekurangan dan Kelebihannya

Blognya-Asep - Mungkin sudah banyak dari kamu yang tau tentang salah satu perangkat laptop atau komputer yang bernama SSD ini, ya SSD adalah generasi penerus dari Harddisk namun dalam bentuk yang lebih kecil dan tidak lagi menggunakan piringan disk seperti Harddisk.

Pengertian SSD

SSD atau singkatan dari solid-state drive, adalah media penyimpanan data yang menggunakan memori mantap atau memori yang bersifat permanen, perangkat SSD berbeda dengan Hardisk karena sudah tidak menggunakan cakram untuk media penyimpanannya lagi . Berbeda dengan memori yang bersifat sementara (misalnya RAM), data yang tersimpan pada SSD tidak akan hilang meskipun daya listrik tidak ada.

Apa sih yang bedanya SSD dengan HardDisk ?

Perbedaan SSD dengan HardDisk

 

Secara keseluruhan fungsi dari SSD dan Harddisk tidak ada yang berbeda, hanya saja dari segi struktur penyimpanannya yang berbeda karena Harddisk masih menggunakan piringan / cakram disk sedangkan SSD tidak menggunakan fitur itu lagi dan sudah menggunakan fitur yang hampir sama dengan Flashdisk yaitu menggunakan chip untuk menyimpan datanya. 
Jika anda membaca sekilas mungkin anda berfikir dan mempunyai pertanyaan :
"Loh pakai chip ? berati tidak ada kemungkinan untuk bad sector ?"

Jawab : 
"Tentu sebagai perangkat keras komputer (Hardware), SSD juga masih bisa mengalami Bad Sector. Pernahkan kamu melihat Flash Disk yang rusak dan tidak bisa menyimpan data lagi walaupun terkadang masih bisa dibuka namun data di Flash Disk tidak bisa di baca lagi."

Kelebihan SSD

  1. Proses pembacaan data yang cepat
Kelebihan dari sebuah SSD yang pertama adalah mampu membaca data dengan sangat cepat, jauh lebih cepat dibandingkan dengan harddisk biasa karena sudah tidak menggunakan cakram disk lagi. Perbandingannya dengan harddisk biasa adalah jika harddisk dibutuhkan waktu 10 menitan untuk melakukan proses booting, maka SSD hanya membutuhkan dalam waktu 1 hingga 2 menit saja.
Hal ini tentu sangat berguna bagi anda yang membutuhkan kecepatan dalam membaca dan juga mengolah data, terlebih lagi bagi anda yang mengeluh jika terkadang harddisk terasa sangat lambat dalam pengkopian data. Contoh : bermain game, dan juga dapat digunakan untuk kepentingan server.
  1. Tidak Menimbulkan Suara Berisik
Harddisk biasanya menggunakan piringan atau cakram yang berputar untuk dapat bekerja membaca dan juga memproses data. Perputaran cakram itu kemudian seringkali menimbulkan suara yang mengganggu. Hal ini berbeda dengan SSD, karena SSD tidak menggunakan cakram lagi untuk penyimpanannya, sehingga tidak akan menimbulkan gesekan dan juga bunyi yang mengganggu.
  1. Cocok Untuk Sistem Operasi
Karena memilki kecepatan membaca yang jauh lebih cepat dibandingkan harddisk, dan juga tahan terhadap bentuk kerusakan, maka SSD merupakan komponen yang sangat tepat untuk diinstall sistem operasi. Proses booting akan menjadi lebih cepat, dan begitu pula proses aplikasi lainnya. Dan SSD juga lebih bisa bertahan terhadap guncangan dari pada harddisk
  1. Transfer data menjadi lebih cepat
transfer data juga menjadi lebih cepat dan juga lebih efisien. Proses transfer data menggunaan SSD jauh lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan harddisk.
  1. Hemat daya
Ternyata, penggunaan SSD hanya memakan daya 10% dibandingkan dengan harddisk. Hal ini tentu saja akan membuat kebutuhan daya listrik anda menjadi berkurang apabila menggunakan SSD sebagai drive storage anda.


Kekurangan SSD

  1. Tidak bisa di pasang disemua motherboard khususnya laptop dan komputer yang tidak mendukung slot SATA
Ya ini yang terkadang menjadi kendala saat ingin mengupgrade harddisk ke SSD, jika komputer atau laptop anda tidak memiliki Slot SATA. Sebenernya bisa saja jika komputer anda tidak memiliki slot SATA anda cukup membeli kabel konverter untuk SATA.

  1. Masih sulit untuk ditemui
Toko yang menjual SSD masih dibilang jarang ditemui. Bahkan ada beberapa sales yang mungkin belum tahu apa itu SSD. Hal ini mungkin bisa dimaklumi, karena SSD merupakan teknologi yang masih tergolong baru, sehingga sedikit orang yang mengetahuinya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian SSD Beserta Kekurangan dan Kelebihannya"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak