Sophia Robot Yang Bisa Berpikir Seperti Manusia


Blognya-Asep - Robot ini bernama Sophia dan diciptakan oleh Dr. David Ilmuan dari Amerika Serikat. Menurut sang penemu Robot ini adalah mesin yang sedang dia kembangkan itu memang bertujuan untuk membuat "manusia-robot" seperti yang ada di film Western moderen jaman sekarang. Robot ini juga di rancang untuk bisa berinteraksi secara baik dengan manusia.

Robot Sophia ini memiliki Kamera yang berfungsi sebagai mata, dan dapat mendeteksi ekspresi wajah saat berinteraksi dengan manusia, bukan hanya itu Sophia juga dapat mengedipkan matanya layaknya manusia.
Sophia terbuat dari bahan karet yang bernama "Frubber" yang dapat memanipulasi ekspresi wajah saat berinteraksi dengan manusia. Dan menurut Dr. David Hanson, "otak" sophia akan semakin cerdas dari waktu ke waktu.

Selaku Pencipta dari robot Sophia ini, Dr. David Hanson, dia bertujuan membuat robot ini untuk medis, terapi, pendidikan dan mengobati penyakit yang menular. Namun gebrakan teknologi yang dibuat oleh Hanson ini banyak yang menilai cukup mengerikan, bagaimana tidak mengerikan ? ketika sebuah robot dapat semakin cerdas dari waktu kewaktu dan memiliki pemikiran sendiri bukankah ini akan mengancam umat manusia suatu saat nanti ketika robot ini semakin cerdas dan melebihi kemampuan manusia itu sendiri.

Dan hal lain yang cukup mengerikan adalah, ketika Hanson bertanya
"apakah Sophia akan menghancurkan manusia?"
lalu sophia menjawab "Oke, aku akan menghancurkan manusia," seperti ekspresi dibawah ini


Mungkin ini memang hanya sebuah "joke" tapi gebrakan di bidang robotik oleh Hanson ini memang bisa dibilang ide yang brilian sekaligus ide yang cukup membahayakan bagi umat manusia juga robot ini bermasalah dengan cara berfikirnya pada suatu hari nanti. Berharap saja semoga robot Cerdas Sophia ini akan berguna bagi umat manusia seperti yang diharapkan oleh penciptanya.

Berikut ini adalah Ekspresi dari Sophia saat diwawancarai oleh Hanson :

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Sophia Robot Yang Bisa Berpikir Seperti Manusia"

Silahkan tinggalkan jejak