Dikatakan Apple Membayar US$21 Juta Untuk Sebuah Desain Jam di iOS 6

Baru-baru ini dikabarkan bahwa Apple telah merogoh kocek sebesar US$21 juta atau setara dengan 200 Miliar Rupiah untuk membayar lisensi sebuah desain jam. Desain jam yang dimaksud adalah desain jam yang muncul di sistem operasi iOS 6. Desain jam tersebut ternyata meniru desain jam yang digunakan Swiss Federal Railways atau SBB, sebuah perusahaan penyedia jasa kereta api di negara Swiss, pada seluruh stasiun kereta mereka.

Jam Apple di iOS6 (kiri) dan jam buatan Mondaine yang telah dilisensi dari SBB (kanan)

Sempat mengajukan komplain sekitar bulan September lalu, akhirnya pihak SBB dan Apple mencapai kesepakatan pada pertengahan bulan Oktober. Apple akhirnya tetap diijinkan untuk menggunakan desain jam tersebut pada sistem operasi iOS 6 mereka. Tentu saja untuk menggunakannya Apple diharuskan membayar lisensi sebesar US$21 juta atau sekitar 200 milyar rupiah. Mungkin, inilah jam buatan Swiss paling mahal yang pernah dibeli.
Desain jam tersebut pertama kali diciptakan oleh seorang karyawan SBB bernama Hans Hilfiker. Desain jam ini mulai digunakan sejak tahun 1944 dan juga telah dilisensi oleh Mondaine, sebuah perusahaan jam di Swiss. Desain jam ini juga telah mendapatkan penghargaan oleh Museum of Modern Art di New York dan juga London Design Museum.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dikatakan Apple Membayar US$21 Juta Untuk Sebuah Desain Jam di iOS 6"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak