Pengertian dan Fungsi Sound Card



Pengertian Sound Card :

   Sound Card adalah perangkat keras computer yang berfungsi untuk mengolah data berupa audio atau suara. Sound Card dibedakan menjadi dua jenis berdarsarkan fisiknya. Sound card memiliki format tata suara yang mendukung system keluaran suara. Sound Card merupakan Salah satu komponen multimedia yang tentu saja berperan adalah sound card atau kartu suara. Disebut demikian karena perangkat yang berbentuk sebuah lempengan PCB ini mampu mengolah dan menghasilkan suara. Sebuah sound card memiliki output yang harus terhubung ke speaker.

Fungsi Sound Card:

    Sound Card atau yang lebih kita kenal dengan Kartu Suara adalah Periferal yang terhubung ke slot ISA atau PCI pada Motherboard yang memungkinkan komputer untuk memasukkan input, memproses, dan menghantarkan data berupa suara.

Fungsi Utama Sound Card:

  1. Synthesizer melalui teknologi frequency  Modulation : (FM) atau Sintesa lewat FM adalah cara yang paling efektif untuk menghasilkan suara yang jernih.
  2. MIDI : (Musical Instrument Digital Interface Standar protokol yang memungkinkan perangkat elektronik berkomunikasi, kontrol dan sinkronisasi satu sama lainnya
  3. Analog ke Digital Converter : (misalnya mengubah masukan sinyal analog suara dari mikrofon ke mode digital)
  4. Digital ke Analog Converter (misalnya reconverts digital ke sinyal output sinyal analog)
Istilah Teknis Sound Card:
  1. 3D souncard3D souncard : Soundcard ini banyak diterapkan pada game. Suara 3D akan berubah dengan jelas jika posisi pendengar berubah ( berpindah ).
  2. S/PDIF ( Sonny atau Philips Digital Interface):
    S/PDIF adalah protocol yang digunakan untuk transfer data audio.Menggunakan koneksi kabel koaksial atau optic.
  3. Output ChannelOutput Chanel digunakan untuk menentukan jumlah kanal dan karakteristik suara.
Jenis - Jenis Sound Card:
  1. Sound Card On Board
    Sound Card Onboard, Merupakan fasilitas audio yang sudah terpasang pada motherboard berbentuk chipset dan kinerja sound card on board masih membutuhkan bantuan prosesor utama. 
  2. Sound Card PCI
    Sound Card Offboard, Merupakan sound card yang dipasangkan pada slot PCI motherboard. Sound card tipe ini memiliki keunggulan pada kualitas yang dihasilkan. Dan untuk kegiatan rekam suara, sound card tipe ini merupakan pilihan yang tepat.
  3. Soundcard External
    Soundcard External, Merupakan Sound Card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire
Pemasangan Sound Card Menurut Jenis - Jenisnya:
  1. Sound Card Onboard
Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada Motherboard komputer.
  1. Sound Card Offboard
Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
  1. Soundcard External
Soundcard External, yaitu sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire
Cara Kerja Sound Card:
    Ketika mendengarkan suara dari sound card, data digital suara yang berupa waveform.wav atau mp3 dikirim ke sound card. Data digital ini di proses oleh DSP (Digital Signal Processing : Pengolah signal digital) yang bekerja dengan DAC (Digital Analog Converter : Konversi digital ke analog), mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang kemudian sinyal analog diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker. Ketika merekam suara lewat microphone, suara yang berupa analog diolah oleh DSP, dalam mode ADC ( Analog Digital Converter : Konversi analog ke digital), mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang berkelanjutan. Sinyal digital ini simpan dalam format waveform table atau biasa ditulis Wav(wave) dalam disk atau dikompresi menjadi bentuk lain seperti mp3.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengertian dan Fungsi Sound Card"

Silahkan tinggalkan jejak